Kategori Dosa

Kultum tarawih tadi memberikan pengetahuan tentang dosa, berikut intisarinya :

Ada 3 tingkatan dosa, yaitu :

1. Dosa yang akan hilang jika kita melakukan amalan2 (sholat, sodaqoh, dll)

2. Dosa yang mungkin diampuni atau mungkin tidak diampuni oleh Alloh, (ex : zina, dan dosa besar lainnya). Kemungkinan tidak diampuni jika hamba tersebut tidak melakukan taubat sebelum dia meninggal. Ada suatu riwayat yang berbunyi : “sungguh hilangnya alam semesta ini masih lebih baik, dibandingkan dengan hilangnya seorang muslim dengan alasan yang tidak dapat diperkenankan oleh Islam”

3. Dosa yang tidak diampuni oleh Alloh yaitu menyekutukan Alloh, sehingga mendapatkan ganjaran berupa siksaan api neraka.

Catatan lainnya yaitu :

1. Dalam suatu riwayat menceritakan bahwa Alloh tidak akan mengampuni dosa orang yang ketika orang tersebut melakukan dosa dan ditambah dia malah menceritakan perbuatan dosanya tersebut kepada orang lain, karena itu artinya sama saja telah menyingkap tabir yang diberikan oleh Alloh. Dan apabila orang lain yang mendengar ceritanya tersebut kemudian melakukan perbuatab dosa serupa, maka orang yang menceritakan tersebut juga akan mendapatkan dosanya, bahkan sampai dia meninggal.

2. Begitu juga sebaliknya apabila orang melakukan suatu amal soleh, seperti ilmu yang bermanfaat, maka kelak apabila dia telah meninggal, maka dia masih akan memetik ganjarannya jika orang lain masih ada yg menggunakan ilmunya tersebut.

Terima kasih, jika ada tulisan yang tidak benar, itu adalah karena kekurangan saya dalam menyimak khotbah dari penceramah, untuk itu saya dengan senang hati apabila ada yang meluruskan. Sekian dan wassalamu’alaikum wr. Wb